HeadlineTulisanVideo

BBM Premium Hanya Cocok untuk Mobil Tua Berkompresi 9,7

0

Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP), Rifdarmon mengatakan, bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium RON88 hanya cocok untuk kendaraan tua dengan kompresi 9,7 kilogram per centimeter persegi.

“Mobil tahun tinggi memiliki kompresi lebih tinggi yakni 10 hingga 11 kilogram per centimeter persegi sehingga diperlukan bahan bakar dengan RON yang lebih baik yakni RON 90 pertalite atau RON 92 pertamax,” kata Rifdarmon.

Rifdarmon mencontohkan, mobil yang berkompresi rendah seperti kijang super, kijang lama dan lainnya cocok dengan BBM RON88. Sementara itu untuk mobil Electronic Fuel Injection (EFI) disarankan mengonsumsi bahan bakar dengan RON 92.

Ia menjelaskan apabila bahan bakar dengan RON 88 diberikan kepada mobil yang memiliki kompresi tinggi akan menyebabkan terjadinya “knocking” pada mesin kendaraan. Knocking, lanjutnya. adalah letupan pembakaran di ruang pembakaran yang ada di dalam mesin. Seharusnya bahan bakar terbakar saat api yang berasal dari busi datang secara bersamaan lalu terjadi pembakaran.

Sementara jika bahan bakar RON lebih rendah dari kompresi kendaraan akan terjadi self ignation yang menyebabkan bahan bakar akan terlambat datang sementara busi sudah mengeluarkan. “Hal ini tentu tidak diinginkan dan lebih bagusnya mobil keluaran terbaru sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi,” kata dia.

Cara Hemat Membeli BBM Berkualitas, Pakai MyPertamina

Previous article

Demi Keadilan Energi dan Cinta Lingkungan, Pertamina Perbanyak Pertashop di Sumbagsel

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *