HeadlineTulisan

Demi Keadilan Energi dan Cinta Lingkungan, Pertamina Perbanyak Pertashop di Sumbagsel

0

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terus memperluas akses energi untuk masyarakat desa dengan memperbanyak pendirian Pertashop. Selain untuk mewujudkan pemerataan distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan keadilan energi di daerah terpencil, pendirian Pertashop ini juga untuk mendorong masyarakat agar terbiasa menggunakan BBM berkualitas yang lebih ramah lingkungan.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan menginformasikan hingga Februari tahun 2021, terdapat 139 titik Pertashop yang sudah beroperasi melayani masyarakat wilayah Sumbagsel.

Ke-139 Pertashop tersebut terletak di beberapa wilayah, yaitu wilayah Jambi (50 unit), wilayah Lampung (55 unit), dan wilayah Bengkulu (13 unit).

Pertashop juga hadir di wilayah Sumatera Selatan (19 unit) dan wilayah Bangka Belitung (2 unit). Sementara masih ada 90 titik lagi yang sedang dalam proses pembangunan.

“Meski berkonsep Pertashop, pelayanan yang diberikan berstandar SPBU Pertamina, bahkan operator yang bertugas tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, face shield, dan hand sanitizer,” kata Umar.

Disebutkan, Pertashop menjadi bagian penting program One Village One Outlet (OVOO) yang bertujuan untuk menjangkau wilayah terpencil yang belum terlayani oleh SPBU reguler. Dengan begitu masyarakat mendapat hak yang sama untuk mencukupi kebutuhan energinya sebagaimana masyarakat perkotaan.

Pertashop merupakan satu-satunya lembaga penyalur BBM di pedesaan yang dioperasikan oleh Pertamina secara resmi yang telah memenuhi aspek legal dan aspek keselamatan kerja atau Health, Safety, Security, Environment (HSSE).

Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala lebih kecil untuk melayani kebutuhan BBM yang berkualitas. Adapun BBM dipasok melalui Fuel Terminal (FT) TBBM Pertamina terdekat.

“Harapannya dengan harga dan kualitas yang sama dengan SPBU, keberadaan Pertamina makin dirasakan manfaatnya khususnya oleh masyarakat pedesaan sekaligus memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di desa,” kata Umar.

Seperti diketahui, dari ribuan Pertashop yang beroperasi di berbagai wilayah Indonesia tidak ada yang menjual BBM berkualitas rendah sejenis Premium atau Solar, namun hanya memasarkan BBM berkualitas seperti Pertamax. Karena itu, BPH Migas mendorong Pertamina untuk memperbanyak pendirian Pertashop. Menurut BPH Migas, dengan memperbanyak Pertashop akan membuat masyarkat terbiasa menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *