HeadlineTulisanVideo

Dengan Modal Rp 80 Juta Sudah Bisa Buka Usaha Pertashop

6

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, dalam jangka panjang Pertamina menargetkan bisa mendirikan 44.558 outlet Pertashop. Target itu ditetapkan mulai 2021-2024 dengan target penambahan sekitar 1.000 outlet per tahun.

“Untuk lokasinya sendiri ditetapkan di kecamatan yang belum ada SPBU. Lalu juga desa atau kecamatan yang jaraknya 10 kilometer (km) dari SPBU terdekat dengan potensi demand BBM 400 liter per hari,” katanya.

Sementara Direktur PT Pertamina Patra Niaga, Mas’ud Khamid, menjelaskan bahwa Pertashop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil. “Pertashop untuk melayani kebutuhan BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan juga produk ritel Pertamina lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi” ujarnya.

Untuk mendirikan Pertashop cukup mudah. Dengan modal awal Rp 80 juta, pengusaha lokal di pedesaan sudah membuka Pertashop melalui kerja sama dengan Pertamina.

Ada dua skema bisnis membuka SPBU Pertashop, yaitu Skema DODO dan Skema CODO. Dalam Skema DODO, biaya investasi dan biaya operasional seluruhnya ditanggung mitra, yakni Rp 250 juta.

Dalam Skema CODO, biaya investasi dilakukan oleh Pertamina, sementara mitra hanya mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasi. Dalam skema ini mitra cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp 80 juta.

Kelebihan dari Pertashop antara lain adalah ada jaminan keamanan dari PT. Pertamina. Sebab, penampung BBM dalam Pertashop telah diuji oleh PT. Pindad dan Pertamina dengan sertifikasi internasional. Sehingga tahan dari ancaman kebakaran maupun ledakan.

6 Comments

  1. Saya berkeinginan untuk membuka usaha tersebut dengan cara kerja sama dengan pertamina. Yang perlu saya tau berapa cukup modal bagi saya . Dan bagai mana cara pembagian hasilnya. Terimakasih. Saya berda di kecamatan kuala. Kabupaten bireuen. Provinsi aceh.

  2. Saya ingin buka kerjasama perthas shop Mohon informasi jika di wilayah kab Sragen dak Klaten kecamatan mana saja yang bisa buka pertashop

  3. Selamat malam…saya ingin bertanya. Ril modal awal untuk membuka pertasop berapa…dan cara pembagian hasil menggunakan sistem Dodo dan codo..lokasi saya di bajawa kab.ngada Flores NTT trima kasih

  4. Selamat malam…saya ingin bertanya. Ril modal awal untuk membuka pertasop berapa…dan cara pembagian hasil menggunakan sistem Dodo dan codo..lokasi saya di kab.Fakfak prov Papua.barat trima kasih

  5. Loksi saya di pakpak bharat sumatra utara saya ingin membuka pertashop apkah ada yang bisa memberi kejelasan dan pecerahan lagi mksh

  6. Sangat berminat saya di wilayah kab. Dompu NTB

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *