HeadlineTulisan

Dukung Program Langit Biru, Sejumlah Bengkel Gelar Uji Emisi Gratis

0

Sejumlah bengkel kendaraan bermotor mendukung pelaksanaan Program Langit Biru di DKI Jakarta menyusul mulai diberlakukannya Peraturan Gubernur No 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Dukungan tersebut diwujudkan dengan pelaksanaan uji emisi gratis di sejumlah bengkel, antara lain di bengkel PT Astra Daihatsu Motor,  bengkel PT Honda Prospect Motor (HPM), dan bengkel PT Astra International Tbk-Isuzu.

Seperti diberitakan, sesuai aturan Pergub No 66 Tahun 2020 seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat kini wajib melakukan pengecekan Uji Emisi dalam upaya mewujudkan lingkungan semakin sehat dengan udara bersih.

Merespon kebijakan tersebut, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Elvina Afny menerangkan bahwa Daihatsu sudah menyiapkan layanan untuk uji emisi. “Kami menyediakan layanan uji emisi di bengkel resmi Daihatsu,” ujarnya.

Sementara itu, Service Department Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Ranto Yunanto, menyampaikan bahwa uji emisi gratis dapat dinikmati kosnumen yang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Daihatsu. Main dealer mobil Daihatsu ini juga menyiapkan layanan di bengkel bagi konsumen yang hanya ingin melakukan uji emisi dengan biaya Rp 165 ribu.

“Konsumen akan mendapatkan sertifikat lulus uji emisi yang terdaftar resmi dan dapat dicek di aplikasi e-Uji Emisi,” kata Ratno Yunanto, Service Department Head AI-DSO

Mendukung penerapan emisi gas buang kendaraan di Jakarta, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga ikut menyediakan fasilitas uji emisi gratis yang tersebar di 23 diler di wilayah DKI. Namun demikain, pengetesan uji emisi gratis hanya diberikan Honda bagi konsumen yang rutin melakukan perawatan berkala.

Sementara Denny M Tamira, Service Assistant General Manager PT HPM mengatakan, seluruh diler resmi Honda menyediakan fasilitas uji emisi menggunakan alat yang telah mengantongi sertifikat kalibrasi dan dilakukan oleh teknisi terlatih. Konsumen yang akan melakukan uji emisi, bisa langsung menggunakan fitur booking pada aplikasi Honda e-Care untuk mendaftarkan kendaraannya tanpa harus antre di diler resmi Honda.

Hal serupa juga dilakukan PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation atau yang lebih dikenal dengan Astra Isuzu. Ada beberapa bengkel resmi Astra Isuzu yang telah ditunjuk oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sebagai lokasi uji emisi terdaftar, diantaranya:

Astra Isuzu Sunter, Jalan Danau Sunter Utara Blok O3 Kav 30 Sunter, Jakarta Utara (021-65304433)
Astra Isuzu Pramuka, Jalan Pramuka Raya No 8 Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur (021-8570555)
Astra Isuzu Daan Mogot, Jalan Daan Mogot KM 13,9 Cengkareng, Jakarta Barat (021-54391000)
Astra Isuzu Fatmawati, Jalan RS Fatmawati No 159 Jakarta Selatan (021-7658464; 021-7635213)
Astra Isuzu Wr Buncit, Jalan Warung Buncit Raya No 9 Jakarta Selatan (021-7944450)
Heri Wasesa, After Sales Service Division Head Astra Isuzu menjelaskan, “Emisi gas buang kendaraan yang melebihi ambang batas membahayakan lingkungan. Hal itu juga menandakan kurangnya udara dalam proses pembakaran, sehingga saringan udara yang kotor juga dapat menyebabkan penggunaan BBM menjadi lebih boros.”

“Astra Isuzu ikut berperan aktif dan siap mendukung program pemerintah dalam kegiatan uji emisi ini dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara, serta mewujudkan perilaku sadar lingkungan bagi masyarakat, khususnya dari kendaraan bermotor.” pungkasnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *