HeadlineTulisan

Dukung Tekan Emisi Gas Buang, Daihatsu Bagikan Tips Berkendara Ramah Lingkungan

0

Kalangan industri otomotif Indonesia mendukung upaya penurunan emisi gas buang guna menekan pemanasan suhu bumi atau global warming. Salah satunya ditunjukkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan mengajak para konsumen urntuk menggunakan kendaraan bermotor dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Executive Coordinator Design Engineering R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sony Satriya mengatakan, Daihatsu telah mengikuti regulasi emisi gas buang di dunia. Makanya Daihatsu memberikan tips berkendara agar mobil jasi ramah lingkungan.

“Saya mengingatkan bahwa produk yang baik itu tidak bisa menjamin ramah lingkungan,” kata Sony Satriya dalam acara Virtual Daihatsu Festival.

Menurut Sony Satriya, ada empat langkah yang perlu dilakukan agar mobil lebih ramah lingkungan. Berikut tips berkendara dari Daihatsu agar mobil lebih ramah lingkungan:

1. Perawatan berkala tepat waktu
Menurut Sony, perawatan mobil secara rutin akan membuat mesin tetap terjaga dan sehat karena pembakaran tetap sempurna. Perawatan rutin yang harus dilakukan di antaranya ganti oli, ganti filter udara, membersihkan kerak ruang bakar, dan memeriksa tekanan ban. “Jika tekanan ban tidak sesuai, mobil akan boros BBM,” kata Sony.

2. Pakai bahan bakar berkualitas
Tips berkendara mobil agar ramah lingkungan lainnya adalah penggunaan BBM tanpa timbal dengan Research Octane Number (RON) sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan. Tips penggunaan BBM dari Daihatsu ini sesuai dengan Program Langit Biru yang digelar Petamina bahwa penggunaan BBM yang ramah lingkungan bisa mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

3. Gunakan mode eco-driving
Banyak pengendara mobil tidak sadar penggunaan mode eco-driving pada mobil Daihatsu. Dalam penggunaan mode itu harus mengoptimalkan pendingin AC. Jika udara di luar dingin sebaiknya tidak menggunakan AC. Pengendara moibl juga mesti menghindari akselerasi mendadak.

Kondisi mesin idle juga harus dihindari. Sony mencontohkan, sering pengguna menunggu di dalam mobil dengan AC menyala. Dia menyarankan penggunaan idle speed control mobil Daihatsu, yang membuat mesin berhenti ketika mobil berjalan lalu berhenti. “Kemudian gunakan fitur eco-driving.” Cara ini akan membuat konsumsi BBM tidak boros sehingga mengurangi gas buang.

4. Pilih rute jalan yang efisien
Tips berkendara mobil agar ramah lingkungan ini sudah dilakukan banyak pengendara mobil Daihatsu, antara lain dengan bantuan teknologi aplikasi maps.

Bila Mobil Baru Pakai BBM Premium, Power Density Mesin Jadi Rendah

Previous article

Penjualan BBM Pertalite di Gorontalo Lebih Besar 2 Kali Lipat dari Premium

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *