HeadlineTulisan

Erick Thohir Pastikan Ekosistem Usaha Pertashop Berjalan Baik

0

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memastikan ekosistem usaha Pertahop berjalan baik. Bila ada pengusaha daerah kesulitan mendapatkan izin, Pertamina pasti akan ikut turun tangan. Sementara bank BUMN juga ikut mendukung pengembangan bisnis Pertashop, seperti ditunjukkan BRI Link.

Hal ini dipaparkan Erick Thohir  saat meninjau keberadaan Pertashop di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dalam peninjauan ini, Erick Thohir berdialog langsung dengan konsumen Pertashop dan pengusaha daerah pemilik Peertashop, Sopi Indrayati.

Pada kesempatan ini, Erick Thohir juga mengorek alasan Sopi Indrayati membuka usaha Pertashop, meski kesehariannya Sopi Indrayati juga bertugas sebagai dokter. Keberadaan Pertashop yang dikelola Sopi Indrayati itu ternyata disambut baik masyarkat hingga bisa menjual BBM sebanyak 650 liter sehari.

Selain mendistribusikan BBM, Pertashop Sopi Indrayati juga memasarkan produk Pertamina lainnya, seperti LPG non-subsidi Bright Gas dan Lubricants serta membuka layanan perbankan dari BRI Link. Artinya, ekosistem usaha Pertashop yang dikelola Sopi Indrayati sudah berjalan dengan baik.

“Konsep daripada shop ini di mana Pertamina bisa memberikan kesempatan pengusaha daerah untuk mengembangkan usaha,” kata Erick

Untuk itu, Erick berharap peluang usaha Pertashop ini dapat dimanfaatkan para pengusaha daerah. Ia menegaskan, Pertamina sebagai perusahaan pelat merah sudah membuka kesempatan bagi para pengusaha yang ingin bermitra.

“Pertashop kalau bisa 100 persen untuk pengusaha daerah. BUMN itu bukan eranya menara gading. Tapi secara korporasi di hulu kita harus kuat, bisa bersaing secara global tetapi di hilir bermanfaat untuk rakyat sebanyak-banyaknya,” bebernya.

Bila ada pengusaha daerah kesulitan mendapatkan izin membuka usaha Pertashop, Erick Thohir memastikan Pertamina akan turun tangan membantu. “Ketika perizinan ini sulit karena dianggap menjadi pom bensin besar, padahal ini kan pom bensin mini, Pertamina mesti turun,” tegasnya.

Erick menilai, keberadaan Pertashop di Cibodas telah memabntu masyarakat sekitar karena tidak perlu jauh-jauh lagi ke SPBU yang jaraknya kurang lebih 7,5 Km dari wilayah setempat.

“Harga, kualitas dan kuantitas sama dengan SPBU. Di samping itu keberadaan Pertashop ini juga menggerakkan roda perekonomian desa dan menopang area wisata Curug Maribaya serta membuka lapangan pekerjaan di tengah-tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam pengembang usaha Pertashop tersebut telah melakukan kerja sinergis dengan tiga bank BUMN, yakni BNI, Bank Mandiri dan BRI. Selain membantu permodalan usaha berupa fasilitas kredit, ketiga bank BUMN itu juga menjadikan Pertashop sebagai agen untuk menjalankan layanan perbankan di pedesaan.

“Keberadaan Pertashop memberi kesempatan untuk pengusaha daerah untuk mengembangkan usaha dan tentunya membuka lapangan pekerjaan di daerah mereka. BUMN bukan hanya harus kuat secara koorporasi namun juga harus bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Erick Thohir.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *