HeadlineTulisanVideo

Hasil Long Term Test Pertamina Dex vs Solar: Pertamina Dex Cocok Jadi BBM Liburan Nataru

0

Pertamina dan Auto Bild pernah menguji performa mesin diesel dengan menggunakan BBM Solar dan Pertamina Dex. Dari hasil uji performa mesin diesel dengan tajuk “Long Term Test Pertamina Dex vs Solar” tersebut, dapat dilihat betapa pentingnya Pertamina Dex bagi mesin diesel modern dan betapa buruknya BBM Solar bagi mesin diesel modern.

Artinya, Pertamina Dex lebih dapat diandalkan sebagai BBM untuk mobil Anda selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru 2021 ini. Kenapa?  Penggunaan Pertamina Dex terbukti menghasilkan torsi yang dahsyat, suara berisik mesin sangat berkurang drastis, emisi gas buang lebih rendah dan tingkat konsumsi BBM lebih irit.

Mesin diesel modern dengan commonrail  lebih membutuhkan BBM dengan cetane number tinggi sekelas Pertamina Dex (CN 53). Kecilnya kandungan sulfur Pertamina Dex akan membuat mesin lebih awet karena BBM ini tidak menghasilkan kerak sebesar BBM jenis Solar.

Dua peneliti Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, Muhammad Iskandar Musa dan Haruna, juga pernah menguji kadar emisi gas buang (smoke) yang dihasilkan bahan bakar Solar dan Pertamina Dex.

Dari hasil uji eksperimen itu dapat dilihat perbandingan hasil emisi gas buang mesin diesel menggunakan bahan bakar solar dan Bahan bakar pertamina Dex. Berikut rinciannya:

Kondisi emisi gas buang mesin diesel menggunakan bahan bakar solar pada RPM 500 sebesar 1,5 %, RPM 1000 sebesar 5,9 %, RPM 1500 sebesar 30,9 %, RPM 2000 sebesar 52,1 %, RPM 2500 sebesar 74,4 %

Kondisi emisi gas buang mesin menggunakan bahan bakar pertamina DEX RPM 500 sebesar 2,3 %, RPM 1000 sebesar 8,9 %, RPM 1500 sebesar 25,6 %, RPM 2000 sebesar 43,9 %, dan RPM 2500 sebesar 65,8 %.

Artinya, hasil penelitian dua peneliti Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ini tidak beda dengan hasil “Long Term Test Pertamina Dex vs Solar” yang dilakukan Pertamina dengan Auto Bild bahwa Pertamina Dex jauh lebih ramah lingkungan.

 

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *