HeadlineTulisanVideo

Hati-hati Jika Pakai Cetane Booster BBM Mesin Diesel

0

Penggunaan zat aditif pada mobil diesel, diklaim dapat memperbaiki kualitas BBM yang berkualitas rendah. Zat aditif yang biasa disebut Cetane Booster atau Cetane Improver ini digunakan dengan cara dicampurkan ke dalam tangki bahan bakar.

Namun, sebaiknya Anda waspada dalam memakai aditif bahan bakar diesel ini. Kenapa? Ini penjelasan Wawan Rustyawan, Specialist Process DevelopmentPT Pertamina (Persero).

Alasan pertama karena sebenarnya di dalam bahan bakar yang dijual sudah ada cetane booster-nya. “Sebenarnya bahan bakar yang digunakan untuk mesin diesel saat ini sudah ada campuran cetane booster atau cetane improvernya,” jelas Wawan Rustyawan

Alasan kedua karena ada cetane booster yang mengandung logam. “Tapi ada cetane booster yang mengandung bahan logam, dan ini perlu dihindari, karena bahan logam lama kelamaan akan membuat jelaga pada sistem pembakaran,” tambah Wawan Rustyawan.

Kandungan logam dalam cetane booster ini tidak bisa terbakar dengan sempurna. Akibatnya ia akan menjadi oksida kemudian akan menempel sehingga membuat jelaga yang menumpuk.

Jelaga dalam jumlah banyak atau menumpuk di sistem pembakaran tidak baik untuk kesehatan mesin diesel, performa mesin pun bisa turun. Paling aman menggunakan BBM mesin disel dengan Cetane Number yang tinggi, yakni Pertamina Dex. bila menggunakan Pertamina Dex tidak perlu repot menggunakan Cetane Booster atau Cetane Improver

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *