HeadlineTulisan

Kenapa Harga BBM Non-Subsidi di Daerah Bisa Berbeda? Ini Penjelasannya

0

Kenapa harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi di daerah bisa berbeda-beda. Sebab, harga bahan bakar minyak (BBM) ditentukan berdasar banyak faktor.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, komponen yang mempengaruhi harga BBM non subsidi antara lain adalah harga crude oil (minyak mentah) dunia, kurs mata uang rupiah, fee penyalur BBM, Pajak Pertambahan Nilai (PPn) 10 persen dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Dari sekian banyak komponen, pemerintah daerah memiliki kewenangan menentukan besaran tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Sedang komponen lainnya ditentukan oleh pemerintah pusat. Makanya, harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi di daerah bisa berbeda-beda.

Mengenai tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) diatur berdasar UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Sedang besaran tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor di tiap-tiap daerah ditetapkan oleh gubernur.

Salah satu contohnya adalah Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Dengan adanya kenaikan tarif PBBKB tersebut, maka Pertamina melakukan penyesuai harga BBM non-subsidi di Sumatera Utara. Sehingga sejal 1 April 2021 lalu, harga jual semua BBM non subsidi di Sumatera Utara mengalami kenaikan Rp 200 per liter.

“Penyesuaian harga tersebut memang harus dilakukan Pertamina, karena PBBKB sendiri termasuk salah satu komponen harga BBM,” jelas Mamit Setiawan.

Hasil pungutan dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor tersebut akan masuk ke kas daerah di setiap provinsi sebagai pendapat daerah. Setiap tahun, pendapat dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor itu dibukukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sehingga dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan di masing-masing daerah.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *