HeadlineTulisanVideo

Kenapa Harus Pakai BBM Berkualitas? Ada Emisi Gas NOx yang Berbahaya dari Mesin Diesel dan Bensin

0

Polusi udara akibat emisi gas buang dari mesin diesel dan mesin bensin sama-sama berbahaya. Karena itu, para pengguna kendaraan bermotor wajib memilih BBM yang lebih berkualitas jika ingin mengurangi dampak buruk polusi udara. Bila memakai mesin bensin, wajib memilih BBM dengan angka oktan tinggi sejenis Pertamax atau Pertamax Turbo. Bila memakai mesin diesel sebaiknya menggunakan BBM dengan Cetane Number tinggi sejenis Pertamina DEX.

Kenapa harus memakai BBM berkualitas yang lebih ramah lingkungan?  Ada emisi gas nitrous oxides (NOx) yang membahayakan dari kendaraan bermesin diesel dan mesin bensin. Hal ini diungkap oleh Training Center Head IAMI, Reiner Tandiono.

“Kedua mesin itu tetap berbahaya. Namun, dibandingkan mesin diesel, mesin bensin lebih berbahaya,” jelas Reiner Tandiono.

Disebutkan, mesin yang memiliki pembakaran yang sempurna akan menghasilkan nitrous oxides (NOx) yang lebih tinggi. Unsur NOx itulah yang dianggap paling berbahaya untuk lingkungan maupun kesehatan manusia.

Semakin sempurna pembakaran di ruang bakar, gas yang keluar justru lebih bahaya. Yang berbahaya itu unsur NOx. Di bensin unsur ini lebih tinggi karena bensin pembakaran lebih sempurna karena pakai busi,” jelas Reiner.

“Dua-duanya memang masih bahaya untuk lingkungan dan manusia. Tapi kalau ditanya paling berbahaya mana, itu ada di NOx,” lanjutnya.

Kenapa NOx paling berbahaya? NOx itu akan berdampak ke lingkungan yang menghasilkan photo chemical, hujan asam hingga kerusakan hutan. Sementara efek sampingnya untuk manusia bisa menimbulkan sakit mata, hidung, tenggorokan dan pusing.

Meski begitu, mesin diesel tetap menghasilkan unsur NOx. Namun, NOx yang dihasilkan mesin diesel lebih kecil daripada mesin bensin.

Mengenai asap hitam yang dihasilkan mesin diesel, kata Reiner, itu bagian dari unsur Particulate Matter (PM). Unsur tersebut masih lebih aman dibandingkan NOx meski tetap menimbulkan efek samping untuk manusia.

“Diesel kalau image-nya ngeluarin asap hitam itu karena ada PM (Particulate Matter). Tapi yang lebih berbahaya itu NOx-nya. Pm bisa menimbulkan sakit pernapasan dan paru-paru,” jelasnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *