HeadlineTulisan

Konsumsi Pertamax Turbo Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Naik

0

Minat masyarakat Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur terhadap bahan bakar minyak (BBM) gasoline jenis Pertamax Turbo dinilai cukup tinggi hingga tingkat konsumsinya mengalami kenaikan. Karena itu, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan menjadikan Fuel Terminal (FT) Samarinda sebagai titik suplai Pertamax Turbo.

Pengoperasian titik suplai Pertamax Turbo ini ditandai dengan peluncuran perdana Bahan Bakar Khusus (BBK) Gasoline jenis Pertamax Turbo di Fuel Terminal (FT) Samarinda. Saat ini, FT Samarinda telah menyiapkan Sarana Fasilitas berupa tanki storage  dengan volume 1000 KL untuk ketersediaan Pertamax Turbo.

Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar mengungkapkan peluncuran Pertamax Turbo di FT Samarinda ini guna memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen di Kota Samarinda pada khususnya dan wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada umumnya.

“Bentuk upaya kami dalam mendistribusikan BBM gasoline dengan RON 98 atau kualitas paling tinggi dengan cara mendekatkan titik suplai dari IT Banjarmasin ke FT Samarinda agar ketahanan stok untuk Pertamax Turbo terjaga,” ungkap Freddy dalam keterangannya, Minggu (31/1/2021).

Sekedar tahu, Pertamax Turbo mulai didistribusikan di Samarinda sejak tahun 2018 di 4 SPBU, namun pengiriman pasokannya masih disuplai dari Integrated Terminal (IT) Banjarmasin. Pengiriman Pertamax Turbo dari IT Banjarmasin berjarak tempuh 475 km dan memakan waktu 24 jam serta bergantung pada kondisi cuaca.

Dalam perkembangannya, konsumsi Pertamax Turbo di wilayah Kota Samarinda dalam setahun terakhir meningkat sebanyak 17% atau 616 kiloliter (KL). Sedangkan untuk Kalimantan Timur dan Utara terjadi kenaikan sebesar 30% atau dari 1.242 KL tahun 2019 menjadi 1.616 KL di tahun 2020.

Selain terjadi peningkatan konsumsi di tahun 2020, terdapat penambahan outlet Pertamax Turbo di SPBU seperti di SPBU Kab. Kutai Kartanegara, satu outlet SPBU di Kota Samarinda dan satu outlet SPBU di Kota Balikpapan. FT Samarinda telah menyiapkan Sarana Fasilitas berupa tanki storage dengan volume 1000 KL untuk ketersediaan Pertamax Turbo.

Freddy menambahkan, dengan adanya stok BBK Pertamax Turbo di FT Samarinda, maka penyaluran akan lebih efektif dan efisien sehingga outlet Pertamax Turbo di SPBU dapat terlayani lebih cepat dan ketersediaan pasokan lebih terjamin.

“Kehadiran Pertamax Turbo di Samarinda sangat sentral karena posisinya berada di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, dan akan menjadi titik suplai utama untuk melayani masyarakat di wilayah Samarinda, Kukar, Bontang, Kutai Barat, Kutai Timur, bahkan sampai ke Berau dan sekitarnya,” paparnya.

Ketersedian Pertamax Turbo sebagai Top Tier Product di FT Samarinda ini diharapkan akan berimbas dengan banyaknya outlet Pertamax Turbo di SPBU. Hal ini merupakan jawaban atas harapan pelanggan terhadap bahan bakar berkualitas tinggi, paling tinggi dikelasnya.

Peluncuran perdana Bahan Bakar Khusus (BBK) Gasoline jenis Pertamax Turbo di Fuel Terminal (FT) Samarinda.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *