HeadlineTulisanVideo

Mafia Migas Permainkan BBM Premium, Pertamina dan APBN Jadi Korban Perampokan Berlapis

0

Kenapa bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium susah dihapus di Indonesia? Fahmy Radhi, mantan Satgas Anti-Mafia Migas yang juga dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), membongkar fakta-fakta aneh di balik pengadaan BBM Premium dan kesaktian mafia migas yang tak bisa disentuh hukum.

Menurut Fahmy Radhi, dalam pengadaan Premium ini PT. Pertamina hanya jadi korban. Sebab, mafia migas menjual Premium hasil selundupan kepada PT. Pertamina dengan harga yang mahal. Setelah itu, ada banyak subsidi untuk penjualan Premium hingga terjadi perampokan berlapis.

Karena itu, Fahmy sangat mendukung jika pemerintah menghapus BBM Premium secepatnya. Sebab, cara untuk menghentikan kejahatan mafia migas hanya melalui penghapusan BBM Premium.

“Makanya saya termasuk yang setuju untuk menghapus BBM Premium,” tegas Fahmy dalam ‘Webinar Penghapusan Premium Pertalite’ yang digelar Dewan Energi Mahasiswa UGM.

Seperti diketahui, Satgas Anti-Mafia Migas yang dipimpin Faisal Basri dibentuk Presiden Joko Widodo pada 2014. Meski aktif sebagai dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi juga ikut masuk sebagai anggota Satgas Anti-Mafia Migas.

Satgas Anti-Mafia Migas yang dipimpin Faisal Basri ini memiliki tugas khusus. Salah satunya melakukan efisiensi di jalur distribusi dan produksi migas dengan mencegah pihak-pihak yang ingin mengotori amanat konstitusi di sektor minyak dan gas. Selain itu, Satgas Anti-Mafia Migas juga bertugas mengamankan suplai minyak dan gas sebagai komoditas strategis agar tidak ada spekulan yang menimbun bahan bakar minyak.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *