HeadlineTulisan

Menggiurkan, Omset Pertashop di Desa Ngluwar Ini Capai Rp 15 Juta Sehari

0
Kaswadi, pengelola Pertashop di Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang.

Usaha Pertashop yang dibangun HM Kaswadi di Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, kini tumbuh pesat karena nilai keuntungannya cukup tinggi. Omset Pertashop yang dikelola Kaswadi ini bisa mencapai antara Rp 13 juta hingga Rp 15 juta per hari. Karena itu, modal kerja yang dikeluarkan Kaswadibisa cepat kembali. Saat ini, Kaswadi tinggal mengelola keuntungan dari hasil kerja kerasnya.

Pada awalnya, Kaswadi mengakusempat ragu-ragu ketika ingin mendaftarkan diri ke Pertamina untuk membuka usaha Pertashop di Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. Namun karena syarat pendaftarannya mudah dipenuhi dan prosesnya tidak lama, Kaswadi mencoba mengajukan izin. “Dalam waktu 18 hari ternyata sudah bisa mengoperasikan Pertashop,” jelas Kaswadi.

Apa hasilnya? Setelah Pertashop beroperasi Kaswadi merasa senang sekali. Sebab, usaha Pertashop miliknya bisa menjual BBM PErtamax lebih dari 1.000 liter per hari. Omset penjualan BBM Pertamax bisa mencapai Rp 13 juta hingga Rp 15 juta sehari.

Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa mengungkapkan, BPH Migas sebagai lembaga yang bertugas melakukan pengaturan dan pengawasan ketersediaan BBM diseluruh NKRI mendukung penuh pembangunan Pertashop di Desa-Desa.

“Pertashop tidak hanya sebagai solusi untuk menjamin ketersediaan BBM untuk masyarakat desa, tapi juga diharapkan mampu menggerakan ekonomi desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa” jelas Ifan, sapaanya.

Menurut Ifan, bila Pertashop mampu menjual BBM 1.000 liter per hari, maka modal kerja para pengelolanya bisa cepat kembali dan pengelolanya tinggal mencari untung. “Sedangkan SPBU saja nilai investasi mencapai 10 M, perlu 10 tahun baru bisa mencapai BEP (break event point),” ujar Ifan.

Selain bisa membangkitkan ekonomi akibat pandemi, kata Ifan, pengembangan Pertashop di pelosok juga akan mendorong bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan lebih mudah masuk ke pedesaan. Dampak lainnya, bisa memperbaiki kualitas udara dan mengaja kesehatan.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *