HeadlineTulisanVideo

Menggunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan, Menghemat Biaya Perawatan

0

Para pemilik kendaraan bermotor wajib menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil atau motor. Sebab, jika asal menggunakan BBM bisa menimbulkan banyak kerugian. Sebaliknya, bila menggunakan BBM akan mendapat banyak keuntungan. Salah satunya biaya perawayan kendaraan akan lebih irit.

Hal itu dipaparkan Nurkholis, National Technical Leader PT Toyota Astra Motor. Nurkholis menyarankan para pemilik kendaraan bermotor agar mengikuti prosedur standar yang dikeluarkan pabrikan.

Namun bila menggunakan BBM tak sesuai rekomendasi pabrikan, kata Nurkholis, bisa membuat kinerja mesin tidak optimal dan dapat membuat mesin jadi cepat rusak. Nurkholis mengingatjan, mobil produk terbaru sudah dirancang menggunakan rasio kompresi mesin yang tinggi. Sehingga membutuhkan BBM berkualitas tinggi.

Untuk mobil bermesin bensin, minimal menggunakan BBM dengan kandungan RON (Research Octane Number) 92 sekelas Pertamax. Sementara untuk mobil bermesin diesel harus menggunakan BBM dengan Cetane Number (CN) tinggi sekelas Dexlite atau Pertamina Dex CN-53.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *