HeadlineTulisanVideo

Mobil Bermesin Diesel Terbukti Lebih Irit: Pertamina Dex Jadi BBM Andalan

0

Mobil produksi terbaru, bisa dipastikan punya keunggulan dari mobil produk lama. Selain menghadirkan teknologi canggih, mobil produk baru telah dirancang lebih ramah lingkungan dan menawarkan mesin yang lebih hemat bahan bakar.

Ada dua jenis mobil yang populer di pasaran, yakni mobil bermesin diesel dan mobil bermesin bensin. Selama ini banyak anggatpan bahwa mobil bermesin diesel lebih irit dari mobil bermesin bensin. Benarkah hal tersebut atau itu cuma mitos belaka? Berikut penjelasan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, yang dilansir kompas.com.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, menjelaskan, mesin diesel lebih hemat dibandingkan dengan mobil dengan mesin bensin. Hal ini disebabkan oleh dua hal pada jantung pacu jenis diesel.

Pertama, karena mesin diesel ini memakai kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar. Makanya, efisiensi termis mesin diesel juga lebih bagus.

Kedua, karena solar mempunyai kandungan kalori yang lebih besar dari bensin. Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Hal ini membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin.

Suparna mengatakan, selain memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, ternyata mesin diesel dikenal lebih kuat dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin bensin.

Menurut Suparna anggapan mesin diesel lebih kuat memang benar adanya. Penyebabnya, mobil bermesin diesel menggunakan tipe mesin long stroke. “Mesin dengan jenis ini bisa menghasilkan torsi yang lebih besar dari kebanyakan mesin bensin yang menggunakan mesin square,” jelas Suparna.

Namun para pengguna mobil bermesin diesel juga wajib tahu bahwa mobil produk terbaru sudah tak layak menggunakan BBM jenis solar yang memiliki Ctane Number 48. Mobil produk terbaru idealnya memakai BBM jenis Pertamina Dex.

Seperti diketahui, BBM Pertamina DEX memiliki Cetane Number 53 dan kandungan sulfur 300 ppm. Pakar motor bakar Institut Teknologi Bandung (ITB) Iman Kartolaksono Reksowardojo mengatakan, penggunaan solar kualitas bagus, maka pemakaian bahan bakar akan semakin efisien.

“Ibarat makanan, BBM berkualitas seperti Pertamina Dex tentu lebih bergizi dibandingkan dengan solar subsidi. Karena, dengan mutu bahan bakar diesel yang baik, selain memberikan unjuk kerja yang baik dan motor lebih awet, emisi gas buang juga lebih baik,” kata Iman.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *