HeadlineTulisanVideo

Mobil Mahal Jenis Fortuner Nekat Isi Premium, Apa Dampaknya?

0

Tidak sedikit pemilik kendaraan berharga mahal masih nekat menggunakan BBM subsidi jenis Premium yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Salah satunya ditunjukan oleh netizen dalam video yang merekam adanya Toyota Fortuner ikut antre untuk mengisi BBM Premium.

Perilaku serupa juga pernah ditunjukkan di SPBU Pertamina daerah Cimanggis saat mobil SUV diesel nekat mengisi BBM subsidi jenis Biosolar. Padahal, sesuai rekomndasi pabrikan mobil itu harusnya mengisi BBM jenis Pertamina Dex.

“Ada aja sih mobil mahal yang ngisi bensin-nya tetep aja pakai BBM murah,” ungkapnya petugas SPBU. “Memang gak dilarang, tapi kan kasian juga kan pemerintah subsidi BBM itu sampai berdarah-darah,” ujarnya.

Padahal, jika penggunaan BBM tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan bisa berdampak lebih buruk karena mesinnya bisa cepat rusak dan butuh biaya lebih mahal. “Maunya untung, tapi hasilnya malah buntung,” tambahnya.

Apa dampaknya jika Toyota Fortuner nekat “minum” Premium?

Hati-hati, jika mobil produk baru isi Premium, maka fuel pump bisa mudah rusak. Jika sudah begini, alat yang mendorong bensin masuk ke ruang pembakaran itu pun tak bekerja maksimal. Alhasil, pembakaran tidak sempurna (ngelitik).

Apabila sudah ngelitik, banyak tenaga yang terbuang. Konsumsi bahan bakar pun jadi boros. Hal ini dapat memperpendek usia mesin, terutama bagian injector. Apabila injector mobil sudah rusak, butuh dana minimal Rp 5 juta untuk memperbaikinya.

Bukan cuma itu, ruang mesin menjadi penuh dengan kerak. Otomatis, periode tune-up mesin menjadi lebih cepat. Apabila mobil sudah dilengkapi catalytic converter (CC), umur CC mesin menjadi lebih singkat lantaran kadar emisi lebih buruk jika menggunakan oktan 88 dibandingkan menggunakan oktan 92.

Satu hal yang pasti, kenyamanan berkendara menjadi berkurang. Terutama, bila melewati jalan menanjak. Punya mobil mewah, masih nekar isi BBM Premium? Malu dong masih diisi Pemium!

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *