HeadlineTulisanVideo

Nasabah Bank Mandiri Tak Tahu Bedanya Pertashop dan Pertamini, Ini Penjelasan Pertamina

0

Kerja sinergis PT Pertamina dan PT Bank Mandiri (Persero) dalam perberdayaan UMKM melalui pengembangan bisnis Pertashop mendapat sambutan baik dari kalangan nasabah Bank Mandiri. Buktinya, para peserta Webinar Sinergi Bank Mandiri – Pertamina Melalui Program Mitra Pertashop, banyak yang tertarik mendirikan usaha Pertashop dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Banyak pertanyaan yang disampaikan para nasabah Bank Mandiri dalam webinar ini. Ada yang bertanya soal cara pendaftaran dan seberapa cepat usaha Pertashop bisa dioperasikan. Namun ada juga yang masih bingung soal perbedaan antara Pertashop dengan Pertamini.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Jumali menegaskan bahwa dalam kemitraan Pertashop ini syarat pendaftaran dan permodalan dipermudah oleh Pertamina dan Bank Mandiri. Sedang proses operasional Pertashop juga tidak lama. “Kalau persyaratan sudah dipenuhi, dalam 20 hari setelah pendaftaran, Pertashop sudah bisa dioperasikan,” jelas Jumali.

Mengenai perbedaan antara Pertashop dengan Pertamini, Direktur Keuangan Pertamina Patra Niaga, Arya Suprihadi menegaskan, Pertashop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina berdasar peraturan menteri tahun 2018.

Dalam pengoperasian Pertashop, Pertamina memberikan jaminan keamanan karena peralatan yang disiapkan Pertamina sudah memenuhi standar keamanan. Sedang produk yang dipasarkan Pertashop memiliki kualitas, ukuran dan harga yang sama dengan standar SPBU Pertamina. Kalau ada penyalur BBM harganya berbeda-beda berarti bukan dari Pertamina atau tidak resmi,

“Dari sisi keamanan penjualan BBM ini jangan sampai membahayakan masyarakat sekitar. Jadi dalam Pertashop ini sudah kami siapkan modul-modul pengamanan. Pertamina juga sudah persiapkan peralatan supaya tahan dari bahaya kebakaran maupun bahaya lainnya,” jelas Arya Suprihadi.

Sementara untuk Pertamini, menurut Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Jumali, bukan termasuk penyalur resmi Pertamina dan tidak memiliki standar keamanan. BBM yang dijual pengecer di Pertamini diperoleh dengan cara membeli dari SPBU secara terselubung. “Belinya curi-curi waktu, diam-diam dan tidak savety.”

Sedang BBM yang dijual di Pertashop, jelas Jumali, dikirim langsung oleh Pertamina dengan mobil tangki. “Suplai BBM dijamin oleh Pertamina, kualitasnya dijamin oleh Pertamina. Dan harganya tidak boleh sembarangan, tapi tetap sesuai dengan ketentuan pemerintah. Kalau harga di Pertamini berubah-ubah, hari ini bisa Rp 10 ribu per liter, besoknya bisa berubah lagi,” papar Jumli.

 

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *