HeadlineTulisan

Nilai Inovasi APQ Capai Rp 33,36 Triliun, Erick Thohir Dorong Inovasi Pertamina untuk Kemandirian Bangsa

0

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengapreasi Program Annual Pertamina Quality (APQ) Award 2021. Kenapa? Program ini bisa mendorong lahirnya karya inovatif dalam membangun kemandirian bangsa. Bahkan, hasil inovasi dalam APQ berhasil menciptakan value creation senilai Rp 33,36 triliun.

Ajang tahunan yang meliputi Forum Inovasi Pertamina melalui kegiatan Continuous Improvement Program (CIP) dan Digital Expo ini berlangsung secara virtual pada 5–8 April 2021. APQ Awards 2021 ini diikuti oleh 130 inovasi terbaik dari 3062 inovasi yang dihasilkan oleh seluruh entitas dan unit bisnis Pertamina.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, penyelenggaraan APQ Award 2021 selaras dengan 5 prioritas BUMN, yaitu nilai ekonomi dan sosial untuk masyarakat, inovasi model bisnis, kepemimpinan teknologi dan peningkatan investasi serta pengembangan talenta.

Hal tersebut dinilai Erick Thohir sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa Indonesia membutuhkan banyak inovator dari berbagai sektor yang dibutuhkan masyarakat, yakni pangan, energi, dan kesehatan dalam manajemen modal bisnis dan digital-preneur.

“Saya mengajak para inovator memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Berkontribusi bagi kemanusiaan dan kehidupan yang lebih baik. Kita harus bangga dengan produk Indonesia yang merupakan hasil inovasi anak bangsa,” ucap Erick saat menutup acara APQ Award Pertamina 2021.

Menurut Erick, karya inovatif dari pekerja BUMN, termasuk Pertamina, sangat diperlukan untuk membangun kemandirian dan keunggulan bangsa tanpa harus tergantung dengan produk buatan bangsa lain. Ia berharap, karya para inovator tersebut tidak berhenti sebatas prototipe, namun dapat berlanjut ke arah investasi komersial agar dapat memenangkan persaingan global.

“Semoga Pertamina dapat mewujudkan aspirasi sebagai Global Energy Champion pada tahun 2024 dengan market value sebesar US$ 100 Billion,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur SDM Pertamina, Erry Sugiharto mengatakan APQ 2021 dan Digital Expo ini merupakan salah satu kesuksesan Pertamina dalam menghasilkan inovasinya dalam bentuk pengakuan kekayaan intelektual dan membangun ekosistem yang kondusif dengan cara melakukan kerjasama antar stakeholder dan memfasilitasi kolaborasi antara Pertamina dengan industri, pemerintah dan masyarakat.

“Kami dengan bangga dan mendukung terselenggaranya inovasi di Pertamina sebagai solusi permasalahan bangsa dan arus utama pergerakan transformasi ekonomi Indonesia menuju visi 2045,” pungkas Erry.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *