HeadlineTulisanVideo

Olahraga Saat Udara Penuh Polusi Bisa Membahaykan Kesehatan

0
Direktur Institute for Translational Medicine and Science, Rutgers Universitas, Reynold Panettieri mengingakan bahwa terpapar udara berkualitas buruk, tidaklah bagus dalam keadaan apa pun.
Pakar perawatan kritis paru ini juga memaparkan, berolahraga di lingkungan dengan udara berpolusi, justru akan membuat sistem pernapasan lebih banyak terpapar udara buruk. 
 
“Saat berolahraga, Anda menarik dan mengeluarkan napas dengan cepat, dan itu memberi kemungkinan lebih besar untuk mengekspos sebagian besar paru-paru Anda pada polusi udara,” kata Panettieri. 
 
Panettieri mengatakan, saat berolahraga orang juga bernapas lebih dalam, dan itu dapat mendorong polutan masuk lebih dalam ke paru-paru. “Dalam kualitas udara yang buruk, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah berolahraga,” jelas. 
 
Sayangnya, tidak ada cara untuk menghindari bahaya berolahraga dalam kualitas udara yang buruk. Mengenakan masker kain, misalnya, tidak akan banyak melindungi Anda. Meskipun dapat membantu menyaring partikel yang lebih besar di udara, ini tidak akan menghalangi partikel halus masuk ke paru-paru. 
 
Bahkan jika mencoba berolahraga di luar ruangan yang berpolusi, maka performa akan menurun. Seseorang juga tidak akan bisa berolahraga dengan baik dalam kualitas udara yang buruk.
 
Lantas, bagaimana caranya agar bisa berolahraga dengan aman? Sayangnya Reynold Panettieri tak memberi solusi yang pasti. Pakar perawatan kritis paru itu hanya menyarankan agar melihat kondisi dan kualitas udara sebelum olahraga.
 
Namun, kalau ingin kota selalu aman untuk olahraga, cara yang terbaik adalah mengurangi polusi udara. Bila memakai kendaraan bermotor misalnya, sebaiknya memakai BBM yang ramah lingkungan. Jangan memakai BBM berkualitas buruk sejenis Solar atau Premium. Minimal memakai Pertamax untuk mesin bensin atau memakai Pertamina DEX untuk mesin diesel. 
 
 
 

Dua Proyek Besar Selesai, Pertamina EP Tambah Produksi Migas Nasional

Previous article

Sering Beli BBM Pakai Aplikasi MyPertamina? Ada Banyak Hadiah Lho

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *