HeadlineTulisan

Penjualan BBM Pertalite di Gorontalo Lebih Besar 2 Kali Lipat dari Premium

0

Meski ada pandemi Covid-19, konsumsi baham bakar minyak (BBM) non-subsisi di Provinsi Gorontalo sepanjang tahun 2020 justru mengalami peningkatan. Untuk konsumsi BBM Pertalite RON90 lebih besar dua kali lipat dari BBM Premiun RON88. Dampaknya, pendapatan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dari BBM Perlaite bagi Provinsi Gorontalo juga naik, yakni jadi lebih besar tiga kali lipat dari PBBKB hasil penjualan Premium.

Executive GM Regional Pertamina Sulawesi, Rama Suhut mengatakan, selama tahun 2020 kontribusi PBBKB sempat turun pada bulan April dan Mei di angka Rp4,7 miliar dikarenakan pembatasan sosial masyarakat akibat pandemi Covid-19. Namun angka PBBKB itu akhirnya terus merangkak naik mulai bulan Juni, bahkan kontribusi PBBKB Pertamina untuk Provinsi Gorontalo pada bulan Oktober mencapai senilai Rp 6,8 M.

Jumlah PBBKB Rp 6,8 miliar tersebut antara lain  antara  diperoleh dari pajak BBM Premium sebesar Rp 1,2 M dari volume penjualan 4,4 juta liter Premium,  dari pajak BBM Non Subsidi jenis Pertalite sebesar Rp 4,1 M dari volume penjualan 8,1 juta liter Pertalite. “Berarti, untuk volume konsumsi Pertalite 2x lipat dibanding Premium, pendapatan pajaknya 3x lipat lebih besar” ujar Rama Suhut.

Untuk itu, Rama Suhut sangat berterima kasih kepada warga Provinsi Gorontalo yang memiliki kepedulian tinggi dalam menggunakan BBM lebih ramah lingkungan. “Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi dikarenakan masyarakat Gorontalo telah memilih menggunakan bahan bakar ramah lingkungan,” kata Rama Suhut.

Naiknya Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dari hasil penjulan BBM non-subsidi ini jelas berdapak baik masyarakat karena pendaptan dalam APBD Provinsi Gorontalo juga bisa bertambah. Sebab, naiknya pendapatan APBD Provinsi Gorontalo tersebut juga akan dialokasikan bagi pembangunan daerah di Provinsi Gorontalo sendiri.

Dukung Tekan Emisi Gas Buang, Daihatsu Bagikan Tips Berkendara Ramah Lingkungan

Previous article

Peduli Banjir, Pertamina Hadirkan Bright Gas di Dapur Umum Jakarta

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *