HeadlineTulisanVideo

Pertamina Atasi Kebakaran di Kilang Balongan, Pekan Ini Bisa Operasi Normal Kembali

0

Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono memproyeksikan, operasional Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, dapat kembali normal dalam pekan ini. Diharapkan, dalam 4 hari atau 5 hari ke depan Kilang Balongan sudah bisa beroperasi normal kembali.

Hal itu dipaparkan Mulyono dalam keterangan pers virtual terkait insiden kebakaran tanki di Kilang Balongan, Indramayu, pada Senin dini hari.

Dalam keterangan pers ini Mulyono mengungkapkan bahwa stok BBM nasional dipastikan akan mampu memenuhi kebutuhan. Untuk stok BBM gasoline tercatat mencapai 10,5 juta barel. “Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 27 atau 28 hari ke depan,” jelasnya.

Sedang stok BBM gasoil jenis Solar, lanjut Mulyono, tercatat masih mencapai 8,8 juta barel. Jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional hingga 20 hari ke depan. Demikian juga untuk stok avtur tercatat mencapai 3,2 juta barel yang cukup untuk memenuhi kebutuhan 70 hari ke depan.

Mengenai penanganan kebakaran tanki di Kilang Balongan, Mulyono menegaskan, Pertamina langsung melakukan normal shutdown. Tidak masalah krusial di Kilang Balongan. Bahkan, Kilang Balongan dapat bisa beroperasi sambil menunggu pemadaman yang masih berlangsung. “4-5 hari mudah-mudahan bisa normal,” kata Mulyono.

Mulyono memperkirakan, akibat insiden tersebut Pertamina kehilangan produksi sebanyak 400 ribu barel. Namun Mulyono memastikan, untuk memenuhi kebutuhan pasokan BBM kini bisa disuplai dari kilang Cilacap maupun kilang TPPI.

Disebutkan, kapasitas Kilang Cilacap bisa dinaikkan menjadi 300 ribu barel. Sedangkan kapasitas kilang TPPI bisa ditingkatkan menjadi 500 ribu barel. “Kita bisa kover kebutuhan dari kilang-kilang yang lain,” ujar Mulyono.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *