HeadlineTulisanVideo

Pertamina Baru Bangun 2.677 Pertashop, Nicke Ajak GP Ansor Wujudkan Pemerataan Energi

0

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menyambut baik atas terjalinnya kerjasama Pertamina dengan BNI dan GP Ansor dalam pengembangan UMKM melalui Program Pertashop. Nicke Widyawati berharap, kerjasama ini dapat melahirkan para wirausaha baru di kalangan GP Ansor. Sehingga GP Ansor bisa ikut memperbanyak penyalur BBM untuk mewujudkan pemerataan energi sesuai Program One Village One Outlet.

Hal itu dipaparkan Nicke Widyawati dalam webinar bertema “Penguatan Sinergi BUMN dengan Ansor: Pengembangan UMKM Sahabat Ansor melalui Program Pertashop” yang digelar BNI bersama Pertamina, Rabu (11/8/2021).

Menurut Nicke, hingga saat ini Pertamina telah membangun 2.677 Pertashop. Sementara dari 7.196 kecamatan di seluruh Indonesia, baru 43% yang memiliki lembaga penyalur BBM. Artinya masih ada 57% kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur BBM.

Untuk menjawab tantangan tersebut, menurut Nicke diperlukan inovasi dan terobosan. Beberapa program pemerataan energi yang telah dijalankan Pertamina antara lain One Village One Outlet (OVOO), di mana target besarnya adalah membangun Pertashop atau lembaga penyalur BBM dan LPG minimal satu outlet di satu desa.

“Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, BUMN tidak boleh menjadi seperti menara gading, semuanya dikerjakan dan dikuasai sendiri. Makanya sekarang kami membuka kerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun Pertashop di seluruh Indonesia,” kata Nicke.

Guna mewujudkan pemerataan energi di Indonesia, kata Nicke, salah satunya dilakukan melalui kerjasama dengan GP Ansor. Kerjasama ini juga melibatkan Bank BNI yang akan memberikan akses permodalan bagi pelaku UMKM yang akan membuka Pertashop.

“Kami berharap dengan kerja sama ini, seluruh UMKM sahabat GP Ansor dapat membantu pemerintah menyalurkan BBM dan LPG yang kualitasnya baik dengan harga yang sama di seluruh Indonesia, sehingga apa yang diharapkan yaitu energi berkeadilan dapat terwujud,” kata Nicke.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *