HeadlineTulisan

Pertamina Dukung Penurunan Emisi Hingga 29% pada 2030 dengan Program Langit Biru

0

Penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan kini makin jadi tren di dunia guna mengurangi emisi karbon sesuai Paris Agreement. Tren global ini juga diikuti PT. Pertamina dengan memperkuat bisnis yang mengarah Environment, Social and Governance (ESG) melalui pengembangan energi bersih dalam Program Langit Biru.

Dirut PT Pertamina Patra Niaga, Mas’ud Khamid, mengatakan, pengembangan energi bersih dalam Program Langit Biru ini sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk menurunkan emisi hingga 29% pada tahun 2030 sesuai Kesepakatan Paris (Paris Agreement).

“Indonesia telah menandatangani Paris Agreement pada 22/4/2016 di New York. Indonesia juga bersedia meratifikasi Paris Agreement sehingga untuk mendukung tujuan itu Pertamina mengedukasi dan mendorong konsumen agar beralih menggunakan BBM lebih ramah lingkungan,” papar Mas’ud Khamid.

Disebutkan, upaya penurunan polusi melalui Program Langit Biru oleh Pertamina telah didukung dengan regulasi, antara lain Peraturan Menteri LHK No P.20/2017. Permen LHK itu mengatur kendaraan bermotor yang diproduksi wajib memenuhi baku mutu emisi gas buang untuk kendaraan bermotor.

Dengan jaringan distribusi dan infrastruktur lengkap dan menjangkau seluruh Nusantara, menurut Mas’ud Khamid, Pertamina siap menjalankan program BBM ramah lingkungan. Layanan Progam Langit Biru ini sebenarnya disambut positif masyarakat dan stakeholder lain. Namun dalam pelaksanaannya ada tantangan yakni segmen konsumen tertentu yang memiliki daya beli rendah sehingga sebagian besar mereka memilih BBM yang kualitasnya lebih rendah.

“Dengan Program Langit Biru ini, Pertamina memberikan stimulus bagi segmen konsumen tertentu ini bisa memiliki experience menggunakan BBM yang kualitasnya lebih baik dan lebih ramah lingkungan dengan harga terjangkau,“ tambah Mas’ud. Langkah ini untuk mendorong konsumen beralih pakai BBM yang lebih berkualitas.

 

 

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *