HeadlineTulisan

Pertamina Mulai Salurkan Pertamina Dex ke Papua Barat: Apa Keunggulannya?

0
Pekerja mengecek Bahan Bakar Minyak (BBM) di atas truk Pengangkut BBM sebelum keluar dari Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TPBBM) Sorong di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (18/3/2021).

PT. Pertamina mulai menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) gasoil paling ramah lingkungan jenis Pertamina Dex ke Provinsi Papua Barat. Penyaluran BBM untuk mesin diesel ini dilakukan melalui  Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TPBBM) Sorong di Kota Sorong, Papua Barat, pada Kamis 18 Maret 2021.

Penyaluran Pertamina Dex ke Papua Barat bukan sekedar untuk mengajak masyarakat lebih cinta pada BBM yang ramah lingukungan semata, tapi juga untuk menunjang pariwisata Raja Ampat. Kehadiran BBM ramah lingkungan ini diharapkan dapat memenuhi konsumsi BBM bagi kapal pesiar di wilayah perairan Raja Ampat maupun kebutuhan BBM bagi sarana transportasi industri pariwisata di wilayah Papua, Papua Barat dan Maluku.

Seperti diketahui, Pertamina Dex merupakan BBM varian tertinggi dari gasoil yang diproduksi PT. Pertamina. Pertamina Dex memiliki Cetane Number 53 dengan kandungan sulfur maksimum 300 ppm. Sehingga Pertamina Dex dapat melindungi mesin kendaraan dengan lebih maksimal.

Para peneliti sejumlah pergurua tinggi sudah melakukan uji kualitas Pertamina Dex. Tiga peneliti  Fakultas Teknik Universitas Islam Riau — Eddy Elfiano, Natsir Darin , Ryan Hermawan Panjaitan — juga melakukan uji kualitas Pertamina Dex.

Hasil  uji kualitas ketiga peneliti Universitas Islam Riau itu ternyata tidak beda dengan hasil penelitian yang dilakukan para peneliti perguruan tinggi lainnya bahwa Pertamina Dex merupakan BBM mesin diesel paling baik yang diproduksi PT. Pertamina.

Ketiga peneliti Universitas Islam Riau itu memaparkan bahwa salah satu faktor penting yang mempengaruhi performance mesin diesel adalah kualitas bahan bakar yang digunakan. Sedang kualitas BBM mesin diesel dapat dilihat dari Cetane Number (bilangan setana).

Disebutkan, tingginya Cetane Number menunjukkan seberapa cepat bahan bakar mesin diesel yang diinjeksikan ke ruang bakar bisa terbakar secara spontan. “Semakin cepat suatu bahan bakar mesin diesel terbakar setelah diinjeksikan ke dalam ruang bakar, maka semakin tinggi angka cetane bahan bakar tersebut,” kata mereka.

Dalam uji kualias ini, peneliti Universitas Islam Riau, membandingkan BBM Pertamina Dex yang memiliki Cetane Nnumber 53 dengan BBM Dexlite yang memiliki Cetane Number sebesar 51. Sedang mesin yang digunakan adalah mesin diesel 4 silinder.

Dari pengujian diperoleh hasil bahwa penggunaan Pertamina Dex dapat mempengaruhi performance mesin diesel 4 silinder. Penggunaan Pertamina Dex terbukti mampu meningkatkan torsi, daya, efesiensi volumetrik, maupun efesiensi thermal.

Keunggulan Pertamina Dex ini disebabkan oleh tingginya Cetane Number yang dimiliki Pertamina Dex (CN53) dan juga dilengkapi dengan berbagai zat aditif. Zat aditif pada Pertamina Dex berfungsi membersihkan injector pada saluran bahan bakar, mengurangi kadar karbon atau senyawa organik pada ruang bakar, menambah tenaga mesin serta menghemat bahan bakar.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *