HeadlineTulisan

Pertamina Operasikan 126 Pertashop di Jawa Barat, Menteri BUMN Cek Manfaatnya Bagi Warga

0

Upaya PT. Pertamina mengembangkan usaha Pertashop di pelosok desa Provinsi Jawa Barat terus berlanjut dan telah berhasil mengoperasikan sebanyak 126 unit Pertashop. Keberadaan Pertashop ini mendapat perhatian dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, ketika berkunjung ke Desa Cibodas, Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada 8 April 2021.

Bahkan, Menteri BUMN Erick Thohir melihat keberadaan Pertashop di Desa Ciboda dari dekat dan mengajak konsumen untuk berdiskusi tentang manfaat Pertashop. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sales Area Manager Bandung Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Gustiar Widodo ikut hadir mendampingi Erick Thohir.

Pemilik Pertashop Desa Cibodas Maribaya Lembang, Sopi Indrayati menuturkan, kehadiran Pertashop sangat membantu masyarakat setempat karena dapat mempermudah memenuhi kebutuhan BBM.

“Warga tidak perlu jauh lagi ke SPBU yang jaraknya kurang lebih 7,5 KM dari wilayahnya, apalagi setelah melihat ada mobil tangki datang untuk melakukan pengisian, warga semakin yakin untuk membeli BBM disini dan ini juga menggerakkan roda perekonomian desa serta menopang area wisata Curug Maribaya,” jelas Sopi

Sementara Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat (JBB), Eko Kristiawan mengatakan, Pertamina terus mendukung program pemberdayaan masyarakat di sejumlah daerah dengan mendirikan Pertashop.

Salah satu tugas Pertamina adalah memastikan ketahanan energi di seluruh wilayah di Indonesia sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat salah satunya melalui Pertashop yang merupakan bagian dari Program One Village One Outlet (OVOO) untuk mewujudkan energi berkeadilan.

Eko Kristiawan menjelaskan, dari 126 unit Pertashop yang beroperasi di Jawa Barat dikelola oleh masyarakat setempat seperti pengusaha lokal, pesantren dan BUMdes, sebagai upaya penguatan ekonomi dengan membangun rantai distribusi produk Pertamina.

“Sebagai lembaga penyalur resmi berskala kecil milik Pertamina, Pertashop memiliki standar kualitas, operasional, dan harga yang sama. Karena itu, masyarakat sebagai konsumen tidak perlu khawatir akan kualitas dan harga produknya, dan bagi calon mitra, tidak perlu khawatir pasokan dan prosedur operasional pelayanan yang akan diberikan karena semuanya akan melalui pelatihan” ungkap Eko.

Usaha Pertashop ini makin menarik perhatian masyarakat setelah Pertamina melakukan kerja sinergis dengan sejumlah bank BUMN, seperti Bank Mandiri, BNI dan BRI. dinilai bisa mendorong pengembangan ekonomi pedesaan. Sebagian Pertashop yang dioperasikan di Jawa Barat ada yang mendapat dukungan permodalan dari fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *