HeadlineTulisanVideo

Polusi Udara Bisa Sebabkan Gangguan Kejiwaan

0

Polusi udara menjadi persoalan serius di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Pada pertengahan tahun 2019, buruknya kualitas udara di Jakarta jadi perhatian serius karena dinilai bisa menimbulkan kerugian ekonomi dan gangguan kesehatan. Bahkan, 32 warga korban polusi udara di Jakarta akhirnya mengajukan gugatan kepada pemerintah Indonesia yang kini masih disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, berdasar hasil penelitian berbagai lembaga, polusi udara dari emisi gas buang transportasi dapat mengakibatkan beragam gangguan kesehatan, seperti gangguan pernafasan, ISPA, Jantung. Yang mengejutkan, polsui udara juga dapat menimbulkan gangguan kejiawaan.

Berdasar Studi Afif Khan bersama koleganya yang dipublikasikan pada Agustus 2019 ditemukan adanya hubungan erat antara polusi lingkungan dengan peningkatan risiko gangguan kejiwaan.

Studi Khan, dkk. menganalisis dua dataset 151 juta individu yang terdapat pada dataset klaim asuransi di Amerika Serikat dan kesehatan dari 1,4 juta penduduk Denmark yang tercatat dalam daftar perawatan nasional.

Mereka juga mencatat indeks kualitas lingkungan dari Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat dan tingkat paparan individu terhadap polusi udara di Denmark.

Mula-mula Khan, dkk menelisik data yang dimiliki Amerika Serikat. Dari data tersebut, mereka melaporkan peningkatan gangguan kejiwaan khususnya depresi berat (meningkat 6%) dan gangguan bipolar (meningkat 27%) pada penduduk Amerika Serikat (khususnya pada anak-anak) yang tinggal di negara bagian dengan kualitas udara terburuk.

Metode yang sama juga diaplikasikan di Denmark. Dari studi tersebut, mereka memperkirakan paparan polusi udara pada setiap individu sejak lahir hingga berusia 10 tahun dan mempelajari empat jenis gangguan kejiwaan, yaitu gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan kepribadian, dan depresi.

NASA Sebut Polusi Udara Turun 20% Selama Lockdown Pandemi Covid-19

Previous article

Demi Udara Bersih di Jakarta, Pertamina Banting Harga Pertalite di SPBU Ini

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *