HeadlineTulisanVideo

Subsidi BBM Tak Tepat Sasaran dan BBM-nya Cemari Lingkungan, Komisi VII Godok Skema Baru

0

Penyaluran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang berlangsung selama puluhan tahun dinilai tidak tepat sasaran. Warga miskin seringkali tak bisa menikmati, sebaliknya subsidi BBM justru banyak dinikamati oleh kalangan menengah ke atas dan industri. Selain itu, penggunaan BBM subsidi berkualitas rendah juga dinilai mencemari udara dan lingkungan.

Karena itu, Komisi VII DPR-RI sepakat akan membahas perubahan skema subsidi agar penyalurannya lebih tepat sasaran. Rencana perubahan skema subsidi BBM tersebut diungkap Ketua Komisi VII DPR-RI, Sugeng Suparwoto.

Menurut Sugeng Suparwoto, skema penyaluran BBM subsidi perlu diganti agar lebih tepat sasaran. “Bagaimana agar subsidi itu tepat sasaran? Lantas siapa yang disubsidi? Masyarakat miskin. Ya sudah masyarakat miskin yang disubsidi, bukan barangnya,” kata Sugeng Suparwoto.

Sementara Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI, Eddy Soeparno mengatakan, subsidi BBM dalam dana tunai kepada orang sulit untuk dikontrol pemanfaatannya. “Subsidinya itu untuk beli BBM atau tidak? Kecuali kalau ada mekanisme lain,” ujar Eddy.

Meski begitu, para anggota Komisi VII DPR-RI telah sepakat bahwa mekanisme subsidi BBM akan dibahas agar penyalurannya tepat sasaran dan BBM yang digunakan tidak mencemari udara dan lingkungan.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *