HeadlineTulisan

Subsidi LPG Diganti Bansos Sesuai Rekomendasi KPK, Harga LPG 3 Kg Bisa Setara Bright Gas

0

Rencana perubahan subsidi Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram ke dalam bentuk bantuan sosial langsung kepada warga miskin, sudah sesuai dengan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasar hasil kajian pada 2019 lalu. Jika subsidi LPG ini direalisasikan pada 2022 nanti, maka harga LPG 3 kilogram bakal naik sesuai dengan harga LPG non-subsidi jenis Bright Gas.

Seperti diberitakan, Badan Anggaran (Banggar) DPR telah menyetujui alokasi subsidi LPG 3 kilogram diubah menjadi bantuan sosial non-tunai mulai tahun 2022. Alasannya, distribusi subsidi LPG 3 kilogram yang dialokasikan untuk warga miskin, ternyata tidak tepat sasaran karena banyak dipakai oleh orang kaya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu mengungkapkan, dari 40% warga terkaya menikmati subsidi lebih besar, yakni 39,5% dari total subsidi. “Itu yang nggak adil,” kata Febrio Kacaribu saat rapat dengar pendapat dengan Badan anggaran DPR.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meminta pemerintah dan Pertamina mengevaluasi Perpres Nomor 38 Tahun 2019 terkait perluasan penggunaan LPG bersubsidi. Berdasarkan kajian yang dilakukan sejak Januari hingga Juli 2019, KPK menemukan tata kelola program LPG 3 kg tidak efektif dan bermasalah.

KPK juga merekomendasikan pemerintah memperbaiki database untuk penerima usaha kecil menengah (UKM). Selain itu, KPK meminta pemerintah mengubah kebijakan dari subsidi harga komoditas ke bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyaluran bantuan langsung dapat menggunakan basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berdasar hasil kajian KPK, program konversi minyak tanah ke LPG yang dilakukan pemerintah pada 2007 bertujuan antara lain untuk diversifikasi pasokan energi, efisiensi anggaran, dan mengurangi subsidi minyak tanah. Namun, beban pemerintah justru membengkak setelah minyak tanah dikonversi ke LPG. Subsidi minyak tanah pada tahun 2008 mencapai Rp 47,61triliun, tapisetelah dialihkan menjadi subsidi LPG nilai subsidi malah meningkat hingga Rp 58,14 trilliun.

Bila subsidi LPG 3 kilogram jadi direalisasikan menjadi bantuan sosial, maka harga LPG 3 kilogram akan setara dengan harga LPG Bright Gas.

Patokan harga elpiji 3 Kg, yang berlaku saat ini mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 253.K/12/MEM/2020 tentang Harga Patokan Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram. Harga patokan elpiji 3 Kg ditetapkan berdasarkan harga indeks pasar (HIP elpiji tabung 3 Kg) yang berlaku pada bulan yang bersangkutan ditambah biaya distribusi dan margin.

Mayoritas harga eceran tertinggi HET elpiji 3 Kg di Pulau Jawa adalah Rp 16.000 untuk setiap isi ulangnya. Sedangkan di luar Jawa lebih beragam, seperti di Sulawesi Selatan misalnya, harga eceran tertinggi isi ulang tabung gas elpiji 3 Kg dipatok sebesar Rp 18.500.

Untuk menghitung perkiraan harga elpiji 3 Kg setelah skema subsidi diubah pada tahun 2022, bisa menggunakan referensi harga elpiji non-subsidi seperti harga yang berlaku pada elpiji 12 Kg maupun bright gas 12 Kg dan bright gas 5,5 Kg.

Harga isi ulang elpiji 12 Kg (tabung biru) dan bright gas 12 Kg (tabung pink) di Indomaret misalnya, dibanderol sebesar Rp 148.000 dikutip dari laman resmi klikindomaret.com pada Kamis (8/4/2021). Sedangkan isi ulang bright gas 5,5 Kg (tabung pink), Indomaret mematok harga Rp 69.000.

Dari dua harga tersebut, bisa dihitung harga isi ulang gas per Kg. Untuk isi ulang elpiji 12 Kg dan bright gas 12 Kg, maka harga per Kg yang berlaku adalah Rp 12.333,33. Sedangkan untuk harga isi ulang bright gas 5,5 Kg, harga per Kg yang diterapkan adalah Rp 12.545,45.

Dengan referensi tersebut, Kompas.com memperkirakan untuk isi ulang tabung gas elpiji 3 Kg tanpa subsidi tahun 2022 berkisar antara Rp 37.000 hingga Rp 37.636,36.  Perkiraan harga tersebut baru merupakan perhitungan kasar. Adapun pemerintah belum resmi menetapkan harga baru elpiji 3 Kg jika skema penyaluran subsidi diubah di tahun 2022.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *