HeadlineTulisan

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Dilarang Pakai BBM Premium

0

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan produk mobil yang disebut-sebut paling populer di Indonesia. Meski diakui paling banyak digunakan masyarakat, namun para penggunanya masih sering bingung dalam memilih jenis bahan bakar minyak (BBM) yang hendak digunakan lantaran tahun produksinya sangat beragam.

Untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia produksi tahun 2019, idealnya menggunakan Pertamax Turbo dengan kandungan Sulfur sekitar 20 – 30 ppm. Soalnya, sejak tahun 2018 teknologi mobil yang dipakai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia produksi tahun 2019 sudah menerapkan standar emisi EURO4 dengan kandungan sulfur harus di bawah 50 ppm.

Lantas, BBM apa yang paling tepat untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia produksi sebelum tahun 2018? Bagi yang sudah paham teknologi mesin, mungkin akan mudah memilih BBM yang tepat dengan melihat rasio kompresi mesin dan rekomendasi pabrikan. Namun bagi yang tak paham teknologi mesin, pasti akan bingung.

Contohnya, Bambang Arif, warga Gunungkidul, Yogyakarta. Pengguna Toyota New Avanza tahun 2013 ini biasa menggunakan BBM Pertamax. “Selama ini saya pakai bahan bakar Pertamax dan mobil nyaman-nyaman saja tanpa ada keluhan,” kata Bambang.

Namun dengan berbagai pertimbangan, Bambang Arif  memutuskan akan beralih menggunakan bahan bakar Pertalite. Hanya saja, Bambang mengaku belum tahu dampaknya bila BBM yang dia gunakan beralih ke Pertalite.

“Nah, yang ingin saya tanyakan, apabila nanti saya benar-benar mengganti bahan bakar tersebut, apakah akan terjadi perubahan dalam mobil saya terutama dalam hal performa, kekuatan nanjak dan keawetan mesin?” tanya Bambang kepada Tabloid Otomotif.

Menurut Tabloid Otomotif, peralihan penggunaan bahan bakar dari Pertamax ke Pertalite masih diperbolehkan. “Asal jangan ke Premium, karena bilangan octane number-nya tidak cocok terhadap spesifikasi mesin New Avanza yang rasio kompresinya cukup tinggi”.

Menurut pihak Toyota, untuk mesin 1 NR-VE Avanza-Xenia lama maupun 2NR-VE (New Avanza-Xenia) yang memiliki rasio kompresi 11,5 : 1, minimum boleh memakai bahan bakar dengan RON (Research Octane Number) 90 jenis Pertalite. “Tapi memang akan lebih optimal bila menggunakan BBM dengan RON 92 seperti Pertamax,” kata Tabloid Otomotif.

Pendek kata, dalam memilih BBM para pengguna Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia harus melihat rasio kompresi mesinnya dan rekomendasi dari pabrikan sesuai tahun produksinya. Yang jelas, untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia produksi tahun 2019 idealnya menggunakan Pertmax Turbo menyesuaikan rasio kompresi mesin.

Berikut daftar rasio kompresi dan jenis BBM
• Rasio Kompresi di bawah 9:1 dibutuhkan bensin RON 90
• Rasio Kompresi 9:1 – 10:1 dibutuhkan bensin RON 92
• Rasio Kompresi 10:1 – 11:1 dibutuhkan bensin RON 95
• Rasio Kompresi 11:1 – 12:1 dibutuhkan RON 95 keatas

Peduli Banjir, Pertamina Hadirkan Bright Gas di Dapur Umum Jakarta

Previous article

Pertamina Tambah 2 Pertashop di Kabupaten Maros

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *