HeadlineTulisanVideo

Usai Raih Laba di Tahun 2020, Pertamina Dituntut Bangkitkan Bisnis Hulu Migas

0

Keberhasilan PT Pertamina (Persero) meraih laba bersih US$1 miliar atau lebih dari Rp 14 triliun di tengah pandemi sepanjang tahun 2020 lalu, mendapat apresiasi positif dari Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto. Bahkan, kinerja PT. Pertamina dinilai hebat karena Pertamina mampu mengatasi dampak buruk pandemi Covid-19 hingga bisa meraih keuntungan.

Meski telah berhasil meraih laba pada 2020, menurut Sugeng Suparwoto, pada tahun 2021 ini Pertamina bakal menghadapi ujian baru, yakni harus mampu membangkitkan bisnis hulu migas yang kini sedang menghadapi banyak tantangan akibat terdampak pandemi sepanjang 2020.

Sugeng Suparwoto mengatakan, strategi Pertamina dalam menghadapi pandemi pada tahun 2020 layak diberi apresisasi. Namun Komisi VII kini menuntut PT. Pertamina untuk terus-menerus meningkatkan kinerja guna membangkitkan bisnis hulu migas, terutama Blok Rokan.

“Karena di tengah-tengah kemelut ini, kita semua tahu, lifting terus turun dan ini jadi beban Pertamina juga yang dikasih tanggung jawab untuk Blok Rokan. Kalau kita lihat Blok Rokan ini menjadi ujian bagi Pertamina,” tegas Sugeng Suparwoto dalam RDP Komisi VII DPR RI dengan Dirut Pertamina di DPR RI.

Seperti diberitakan, dampak pandemi Covid-19 terbukti membuat para elit perusahaan energi di tingkat global pening akibat mengalami kerugian besar hingga ratusan triliun rupiah sepanjang tahun 2020. Exxon Mobile asal Amerika Serikat mengalami kerugian lebih dari USD 22,4 miliar pada 2020, British Petroleum (BP) rugi USD 5,7 miliar, Chevron rugi USD 5,5 miliar.

Namun, PT Pertamina (Persero) ternyata justru sukses membukukan laba bersih US$1 miliar atau lebih dari Rp 14 triliun sepanjang tahun 2020. Padahal, pada semester pertama 2020 PT Pertamina sempat merugi sekitar Rp 11 triliun.

Bikin Konsumen Tinggalkan Premium, Program Langit Biru 2021 Diperpanjang 6 Bulan

Previous article

Dukung Program Langit Biru, Sejumlah Bengkel Gelar Uji Emisi Gratis

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *