HeadlineTulisan

Warga Samarinda Gemar Pakai Pertamax Turbo Karena Bikin Mesin Awet dan Tak Mudah Rusak

0
Penggenar Pertamax Turbo di Samarindo sedang isi BBM

Kenapa konsumsi bahan bakar minyak (BBM) gasoline jenis Pertamax Turbo di Kalimantan Timur mengalami kenaikan? Para konsumen di provinsi ini mengaku lebih suka memakai Pertamax Turbo karena dinilai bisa membuat mesin kendaraan lebih awet hingga tak sering masuk bengkel.

“Kalau menggunakan Pertamax turbo pastinya mesin menjadi terawat dan gak gampang rusak, BBM ini sudah support dengan kendaraan yang digunakan,” kata Budi, salah seorang konsumen Samarinda yang sehari-harinya menggunakan BBM Pertamax Turbo.

Sementara Fajar Pratama, saat mengisi BBM di SPBU Jalan Juanda, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, mengaku suka pakai Pertamax Turbo karena tarikan mesin kendaraan yang ditungganginya lebih ringan dan bisa lebih kencang.

Fajar Pratama mengungkapkan, kendaraan miliknya berjenis Kawasaki Ninja ZX 10 R yang memiliki mesin berkapasitas 1000 cc. Alasannya menggunakan Pertamax Turbo merupakan kebutuhan untuk merawat kendaraan miliknya agar tetap baik.

“Kalau menggunakan pertamax turbo mesin terawat, pengapian juga teratur menggunakan BBM ini sudah support dengan kendaraan yang digunakannya,” jelas Fajar Pratama.

Executive General Manager Regional Kalimantan, Freddy Anwar, mengakui bahwa Pertamax Turbo punya keunggulan lebih jika dibandingkan dengan BBM gasoline yang memiliki angka oktan (RON) lebih rendah seperti Premium (RON88), Pertalite (RON90) dan Pertamax (RON92).

“Pertamax Turbo adalah BBM berkualitas tinggi dengan RON 98 yang lebih unggul dan lebih baik untuk dipergunakan kendaraan. Dengan menggunakan Pertamax Turbo akan membuat mesin menjadi lebih awet, terawat, dan tetap prima.”

Seperti diketahui, Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang dikembangkan bersama antara Pertamina dan Lamborghini. BBM ini memang dirancang untuk memenuhi persyaratan mesin berteknologi tinggi.

Pertamax Turbo pertama kali diluncurkan di Belgia sebagai bahan bakar resmi pada Lamborghini Supertrofeo European Series pada 29 Juli 2016.

Pertamax Turbo dikembangkan dengan formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF) dengan angka oktan 98, dan kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak kualitas udara di sekitar kita. Saat ini, Pertamax Turbo menuju standard Euro IV.

Kelebihan dan manfaat Pertamax Turbo terhadap mesin antara lain adalah:

  1. Meningkatkan drivability kendaraan sehingga lincah bermanuver.
  2. Akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi.
  3. Meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan.
  4. Peningkatan tenaga mesin kendaraan.
  5. Menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *